4 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Menyambut Bulan Ramadhan – Marhaban Ya Ramadhan

Marhaban ya Ramadhan
Tak terasa kita sudah memasuki akhir bulan sya’ban dan pintu bulan ramadhan sebentar lagi akan terbuka untuk semua penganut agama islam. Bulan penuh berkah yang didamba-dambakan oleh kaum muslimin setiap tahunnya. Bulan di salah satu malannya terdapat  malam yang kebaikannya melebihi 1000 bulan. Hanya hitungan hari saja kita akan mulai menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan. Tentunya demi kesempurnaan dalam beribadah di bulan ramadhan tentu banyak hal yang perlu dipersiapkan supaya ketika menjalankan ibadah selama bulan ramadhan tidak merasa kaget dan skenario terburuknya adalah drop.

Nah, jadi apa saja yang perlu dipersiapkan? Yuk simak baik-baik penjelasannya tentang apa saja yang harus dipersiapkan untuk menyambut bulan ramadhan.

1. Menyiapkan iman

Kita semua tentu pernah dengar atau bahkan sering mendengar dipengajian-pengajian bahwa keimanan seseorang itu bisa naik dan turun, naik karena melaksanakan ibadah dan turun ketika melakukan maksiat. Cara supaya iman kita tidak turun selama bulan ramadhan adalah dengan mempersiapkan jauh-jauh hari sebelum bulan ramadhan tiba. Bahkan dalam perkataan Rasul disebutkan kita harus mempersiapkannya 2 bulan sebelum bulan ramadhan tiba. Hal itu semata-mata untuk mempertebal iman kita supaya ketika ramadhan tiba iman kita bisa semakin tebal.

2. Menyiapkan fisik

Ketika masuk bulan ramadhan, segala amal baik akan dilipat gandakan pahalanya, tak heran rasanya jika seluruh umat muslim berlomba-lomba untuk memperbanyak beribadah di bulan ramadhan, supaya pahala yang diraih semakin banya. Tapi perlu diingat bahwa kesehatan tubuh pun harus dijaga supaya selama menjalankan ibadah tidak ada kendala. Supaya fisik kita tetap fit selama beribadah tentunya kita harus persiapkan beberapa hal diantaranya rutin berolahraga serta mengkonsumsi makanan sehat tujuannya agar tubuh selalu fit walau dibenturkan dengan rutinitas ibadah yang banyak.

3. Mempersiapkan ilmu seputar ramadhan

Ketika seorang muslim beribadah tentu harus memiliki landasan ilmu yang jelas, sebab ibadah yang dilakukan tanpa adanya landasan maka akan sia-sia. Jadi seyogyanya kita harus mengkaji terlebih dahulu amalan-amalan apa saja yang harus dilakukan selama bulan ramadhan serta bagaimana pelaksanaannya. Caranya banyak, bisa dengan membaca buku, mengikuti kajian atau bahkan melihat ceramah-ceramah seputar ramadhan di jejaring sosial.

4. Mempersiapkan tabungan khusus ramadhan

Ketika bulan ramadhan tiba, banyak orang yang mengeluh karena pengeluarannya semakin membengkak, sehingga yang mulanya ingin bersedekah kesana dan kesini berujung hanya sebagian tempat saja yang bisa diberikan sedekah. Keluhan semacam ini akan teratasi jika sejak awal sudah menyiapkan tabungan khusus untuk bulan ramadhan sehingga tak perlu khawatir lagi ketika ingin bersedekah lebih banyak dari bulan-bulan sebelumnya.

Itulah beberapa hal yang perlu dipersiapkan menjelang bulan ramadhan. Sudah berapa persen persiapan Anda menyambut datangnya bulan ramadhan? Ayo selagi belum terlambat persiapkan segalanya dari sekarang. Pepatah arab mengatakan “sesuatu yang sedikit terlambat dilakukan maka jangan ditinggalkan seluruhnya” intinya jika tidak bisa menyiapkan segalanya secara maksimal dari 2 bulan sebelumnya maka gunakannya beberapa hari ini untuk mempersiapkannya secara matang. Sekian penjelasannya semoga bermanfaat.

No comments:

Powered by Blogger.