Untung Rugi Serta Cara Pilih Ruko untuk Investasi

Investasi Ruko
Seperti yang telah Anda ketahui, ruko atau rumah toko adalah salah satu jenis properti yang paling populer di negara kita, Indonesia. Sebab, rumah toko ini selain bisa digunakan sebagai tempat tinggal, juga bisa digunakan untuk tempat usaha. Untuk itulah berinvestasi rumah toko jauh lebih menguntungkan dibanding Ada berinvestasi rumah atau tanah saja.

Ada banyak orang yang menjadikan rumah toko sebagai usaha rumahan yang bisa menghasilkan penghasilan tambahan. Namun, Anda harus ingat! Jangan memulai investasi hanya karena ikut-ikutan saja. Sebaiknya Anda memulai sendiri dari hati. Lalu, sebenarnya apa saja keuntungan dan kerugian dari investasi rumah toko? Bagaimana cara memilihnya?

Keuntungan Investasi Rumah Toko

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh dari memilih berinvestasi rumah toko sebagai investasi properti Anda. salah satunya adalah Anda bisa mengontrakkannya. Biasanya, orang yang mengontrak rumah toko juga melakukan investasi jangka panjang. Paling sebentar adalah selama dua tahun.

Tidak menutup kemungkinan juga bahwa para pengontrak rumah toko Anda akan memperanjang masa kontrak padahal waktu kontraknya belum habis. Ini bisa terjadi jika bisnis mereka mengalami kemajuan yang pesat. Dengan begitu, investasi Anda akan terus berlanjut. Terlebih jika Anda membangun ruko di tempat-tempat yang strategis.

Selain itu, setiap tahun rata-rata harga sewa rumah toko juga naik. Meskipun naiknya tidak terlalu signifikan, paling tidak Anda juga akan memperoleh keuntungan lebih seiring berjalannya waktu. Lagipula, permintaan akan rumah toko juga relatif cukup tinggi. Ini sesuai dengan meningkatnya jumlah wirausaha yang ada di sekitar.

Kekurangan Investasi Rumah Toko

Lalu, setelah mengetahui apa saja keuntungan dari investasi ruko, Anda juga harus tahu kerugian dari investasi properti yang satu ini. Kerugiannya adalah harga sewa rumah toko sangat bergantung dengan lokasi, aksebilitas serta tingkat ekonomi di sekitar lokasi Anda  membangun rumah toko tersebut. Hal-hal ini jelas akan sangat mempengaruhi.

Rumah toko yang berada di pinggir jalan besar, dekat dengan kawasan industri atau berada di pusat kota biasanya memiliki harga sewa yang jauh lebih tinggi ketimbang di tempat lain yang jauh dari keramaian. Kerugian lainnya adalah investasi rumah toko cenderung lebih sensitif pada kondisi perekonomian di kota tempat Anda memulai investasi tersebut.

Misalnya saja harga komoditas andalan di daerah tersebut turun seperti harga jual karet atau padi, maka kondisi perekonomian daerah tersebut juga tidak akan bagus. Warga akan sayang membelanjakan uangnya dan itu juga akan berdampak pada investasi rumah toko Anda. Jika penjualan penyewa rumah toko Anda kurang, bisa jadi mereka tidak memperpanjang sewa.

Cara Memilih Rumah Toko yang Baik untuk Investasi

Setelah mengetahui apa saja keuntungan dan kerugian dari investasi rumah toko, apakah Anda masih ingin berinvestasi rumah toko? Jika iya, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal di bawah ini agar mendapatkan ruko terbaik untuk investasi Anda. Apa saja?

1. Lokasi Rumah Toko

Salah satu parameter dalam kesuksesan investasi rumah toko Anda adalah lokasi. Bahakan ini bisa dikatakan sebagai yang paling penting unuk diperhatikan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, harga sewa ruko sangat bergantung pada lokasi rumah toko Anda berdiri. Makin strategis lokasi rumah toko Anda, makin mahallah harga sewanya.

2. Harga Beli Rumah Toko

Bila Anda tidak berniat menyewakan rumah toko Anda, melainkan untuk menjualnya lagi, sebaiknya Anda memperhatikan harga beli rumah toko tersebut. Menurut ajaran seorang penasehat keuangan Amerika, yakni Robert T. Kiyosaki, keuntungan tidak diambil dari nilai jual ruko kembali. Melainkan dari harga beli ruko tersebut.

Itu artinya, Anda tak perlu menerapkan harga jual yang sangat tinggi saat menjual kembali rumah toko tersebut. Cukup dengan mendapatkan harga rumah toko yang murah saat membelinya saja. Jadi, Anda harus pandai-pandai dalam mendapatkan ruko dengan harga yang bagus. Beberapa keahlian jual beli jelas harus Anda kantongi.

3. Cicilan

Investor yang berpengalaman biasanya menggunakan dana orang lain untuk modal. Dalam investasi rumah toko, Anda juga bisa menerapkannya. Caranya, gunakan KPR. Untuk bisa membayar cicilan KPR dari uang hasil sewa rumah toko Anda, Anda bisa menerapkan harga sewa yang lebih besar ketimbang besaran cicilan yang harus Anda bayarkan.

Tapi, tentu saja harga sewa yang Anda tetapkan juga masuk akal, ya! Sebaiknya sesuai standar. Anda bisa membandingkan harga sewa rumah toko atau properti di sekitar lokasi Anda mendirikan rumah toko untuk mendapatkan harga terbaik. Jangan sampai Anda menentukan harga sekehendak hati.

Berinvestasi ruko memang menguntungkan. Anda bisa memperoleh dana terus-terusan hanya dengan modal satu kali saat membuat atau membelinya. Jika Anda mencari rumah toko yang pas untuk investasi terbaik Anda, kunjungilah www.rumah.com yang menyediakan segala informasi mengenai penjualan properti seperti rumah, tanah, apartemen termasuk rumah toko.

No comments:

Powered by Blogger.