3 Tips Belanja Online Aman Tanpa Takut Tertipu

Online Shopping
Perkembangan zaman yang semakin canggih, tentunya semakin mempermudah kita untuk melakukan beragam aktivitas termasuk berbelanja secara online. Namun, bagi sebagian orang belanja online ternyata menjadi momok tersendiri. Mengapa? Karena banyak rumor mengatakan bahwa belanja online tidak aman dan rawan penipuan. Nah, oleh karena itu ada baiknya Anda menyimak beberapa tips belanja online aman tanpa takut tertipu. 

1. Belanja di Toko Online Resmi dan Terpercaya

Dengan berbelanja di toko online resmi serta terpercaya, merupakan salah satu trik belanja online aman tanpa takut tertipu. Jika Anda merupakan pengguna awam internet, lebih baik tanya terlebih dulu kepada kerabat atau teman, sehingga rasa khawatir akan tertipu jauh lebih minim ketimbang belanja pada toko online yang belum jelas kredibilitasnya. 

2. Cash on Delivery atau COD

Tips berikutnya agar belanja online aman tanpa takut tertipu adalah dengan melakukan COD. Sistem ini merupakan sistem pembayaran dengan cara bertemu langsung antara penjual dan pembeli. Hal ini tentunya jauh lebih aman, karena Anda sebagai pembeli dapat melihat langsung dan meneliti barang yang hendak Anda beli. Jika Anda merasa barang tidak sesuai, mka Anda pun tak wajib membelinya. 

3. Gunakan Jasa Rekber

Dengan menggunakan jasa rekber atau rekening bersama, tentunya mampu membuat belanja online aman Anda semakin terjamin. Rekber merupakan jasa penengah antara penjual dan pembeli. Hal ini berfungsi untuk meminimalisir penipuan karena uang yang Anda transfer akan ditahan terlebih dahulu oleh penyedia jasa rekber. Uang tersebut akan dikirimkan kepada penjual, setelah Anda sebagai pembeli telah menerima barang dan tidak ada masalah lainnya. 

Demikian 3 tips belanja online aman tanpa takut tertipu yang dapat Anda terapkan jika ingin berbelanja online melalui internet. Ingat, jangan mudah tergiur dengan harga murah. Pada dasarnya, istilah ada harga ada kualitas, bukan sekedar isapan jempol belaka lho! Anda sebagai pembeli, tentunya harus tetap waspada atas segala resiko yang mungkin saja bisa terjadi sewaktu-waktu. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.